Resolusi Tahun 2013


Entah kenapa, saya baru posting resolusi tahun 2013 di tahun 2013.

Mungkin karena posting resolusi tahun 2013 di tahun 2012, apalagi bulan Desember dan tanggal 28 – 31 sudah sangat mainstream.

Kira-kira apa ya yang menjadi resolusi saya tahun ini?

Sebenernya saya sendiri nggak terlalu paham akan arti dari resolusi, jadi saya melakukan sedikit googling…

Dan karena cari menggunakan bahasa Indonesia tidak menghasilkan hasil yang diharapkan, saya pun akhirnya menemukan hasilnya di wikipedia bahasa inggris.

New Year’s resolution is a commitment that a person makes to one or more personal goals, projects, or the reforming of a habit. A key element to a New Year’s resolution that sets it apart from other resolutions is that it is made in anticipation of the New Year and new beginnings. People committing themselves to a New Year’s resolution generally plan to do so for the whole following year. This lifestyle change is generally interpreted as advantageous.

Bla… bla… bla… panjang banget.

Begitulah orang-orang pinter, kalau ngomong pasti panjang dan detail banget. ha ha ha

Yah tapi saya pinginnya yang simpel-simpel aja. Intinya… ya gitu.

Instead of bikin resolusi panjang lebar, saya cuma akan merevisi aktivitas-aktivitas penting saya di tahun 2012 lalu… Kalau nggak lupa…

  • Januari : Presentasi depan Kemenkes
  • Februari : Ke tegal
  • Maret : Bantuin dosen kesayangan ngelarin thesis (walau akhirnya nggak kelar XD)
  • April : Ngerjain Proyek Akhir (a.k.a bantu2 mahasiswa D3)
  • Mei : Ngelarin proyek yang nggak jelas XD (Akhirnya diakhiri dengan cara terpaksa mogok mroyek, jangan ditiru ya. :p Lain kali harus bisa lebih profesional)
  • Juni : Libur/Kerja Praktek
  • Juli : Kerja Praktek
  • Agustus : Libur/Balik kampung
  • September : ke Google Day Indonesia, sekaligus ke Google DevFest, sekaligus mampir ke Lab Access cabang Mampang Prapatan hehe
  • Oktober : Iseng-iseng ikut kompetisi submit paper (TICA TOKODAI) gagal. Di bulan ini juga, tiba-tiba ada tawaran proyek yang nggak akan pernah terlupakan, yang sayangnya nggak berani saya ambil karena belum lulus dan scala besar. Timnya enak, orang-orangnya enak. Terutama proyek manajernya. Mungkin ketika nanti saya lulus, merekalah yang akan pertama kali saya kontak. Sekalian cari kerja mungkin… hehe
  • November : Submit paper lagi, yang ini diterima tapi nggak ada dananya. Dan belum tau musti gimana… haha. Pengisi pelatihan program unggulan fakultas tetangga membuat blog untuk dosen.
  • Desember : Bikin pelatihan Android yang kedua, yah walau karena bukan saya yang mimpin (alibi) pelatihan jadi kurang greget dan yang datang nggak banyak. Jadi ingat pelatihan tahun kemarin, saya yang mimpin. Karena saya orangnya perfeksionis, semuanya saya handle. Akibatnya langsung sakit tipes habis pelatihan. Tapi puas rasanya… Sampai sekarang nggak ngerti orang-orang yang tahan mengerjakan sesuatu yang setengah-setengah.

That’s all. 

Kalau bicara proyekan, tahun kemarin ada ditawari sekitaran 5-6 atau 7 proyek… saya lupa. Tapi akhirnya yang bisa berhasil jalan dan menghasilkan cuma dua. haha Ada beberapa yang saya tolak, sekitar 3 atau 4. Dan ada satu yang nggak jadi dikasihkan karena tabiat tim proyeknya ketahuan… haha

Dari pengalaman itu, saya jadi ada pengalaman (yaiyalah). Dan ke depannya mungkin nggak akan sembarangan nerima proyek. Karena setelah diskusi dengan para proyek master, saya jadi dapat pencerahan dan ilmu dari sana. Sekaligus kondisi dan road map prospek perproyekan Indonesia. (Halah…)

Untuk resolusi tahun 2013 sendiri…

Hidup Tanpa Resolusi !!! Hore…!😀

Tapi nggak juga…

Ya, saya sendiri juga punya beberapa target untuk tahun ini… Tapi karena sifatnya yang personal, dan memang baiknya dibuat personal. Maka mungkin tidak untuk dipostingkan di sini.

Baca resolusi dari beberapa teman, yah, cukup tahu🙂, ada yang kecewa sama tahun kemarin, menyalahkan diri sendiri, dan lain sebagainya. Ya saya sendiri sadar, bahwa walau tahun kemarin tidak sempurna. Tapi saya bersyukur atas tahun lalu.

Saya bersyukur masuk ke dalam Laboratorium saya yang sekarang, laboratorium yang para anggotanya nggak memikirkan kepentingannya masing-masing. Yang jaringan seniornya kuat dan peduli satu sama lain. Yang di sana keakraban sangat kuat terasa. Terima kasih atas tahun lalu yang berharga.🙂 Semoga nanti bisa mempersembahkan sesuatu untuk lab, sebelum saya lulus.

Ibu saya selalu memberikan wejangan, sebelum saya lulus, diharapkan cari koneksi sebanyak-banyaknya. Kontak sana-sini, kontak temen SMA dan lain sebagainya. Karena manusia nggak hidup sendirian, karena ada kondisi aneh dimana dunia ini cuma peduli atas apa yang bisa kamu kontribusikan/kamu berikan.

Saya nggak bakalan jelasin artinya itu lebih lanjut. Tapi ya slowly but surely saya mulai bangun koneksi, yang sudah ada diperkuat. Karena saya sudah termasuk renegade yang pergi keluar dari teritori fakultas saya dan mencari pengalaman di fakultas-fakultas lain haha

Ada tiga hal besar yang saya ingin lakukan di Tahun 2013. Beberapa mungkin hanya akan dilakukan sampai durasi tertentu :

  1. Ngerjain TA sampai lulus dan wisuda
  2. NgeblogTarget saat ini dua postingan per dua hari.😀 Saya ingin bikin suatu portal media. Mungkin bersama teman saya yang saat ini nge-blog tutorial di bidang jaringan. Saya di bidang programming. Yah siapa tahu berguna nantinya.
  3. Menemukan arti hidup
  4. Mencari pendamping wisuda dan hidup
  5. Bangun pagi. Hidup lebih baik dan lebih berarti.

Saya ingin jadi pribadi yang lebih sederhana dan lebih bisa menerima apa adanya. Karena memang kehidupan saya sebelum masa kuliah diwarnai dengan dua warna itu, sederhana dan apa adanya. Tapi juga tegas. Nggak terlalu banyak mikirin hal-hal yang nggak penting, ribet sana sini, kayak cewek aja. haha Walau mungkin detail dan perfeksionis tetap nomor satu. Intinya, less worry. 

Saya ingin mencoba mengkosongkan gelasnya, dan membiarkan Allah yang mengisi dengan yang terbaik.

Kira-kira seperti itu. Selamat malam dan selamat beristirahat.

One thought on “Resolusi Tahun 2013

  1. Pingback: Resolusi Tahun 2014 | META::twoh_engineering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s