Ice Xream Sandwich


UPDATE

– Untuk daftar Android Tablet lainnya yang memperoleh upgrade Ice Cream Sandwich bisa dilihat di sini.

– Untuk cara melakukan update Motorola Xoom ke Android Ice Cream Sandwich/Jelly Bean bisa dilihat di sini.

 

Yups, memang benar seharusnya namanya adalah Ice Cream Sandwich.

Versi Android terbaru, sebelum Jelly Bean.

Akhir-akhir ini saya lagi sering mantengin halaman Motorola Android Software Update di sini. Alasannya karena sedang nunggu kira-kira kapan sistem operasi ICS untuk tablet saya keluar.

Saya terus amati, sejak tanggal 2 Juli kemarin sepertinya ICS sudah mulai di-roll out untuk Motorola Xoom WiFi + 3G, namun untuk wilayah US.

Untuk Motorola Xoom versi WiFi only, ICS malah sudah bisa dinikmati sejak Januari/Februari lalu.

Kapan untuk region Indonesia keluar?

Yah kayaknya beginilah, nasib orang yang tinggal di dunia ketiga, selalu ketinggalan~ hahaha

Tapi tampaknya nggak selalu begitu~

Tadi pagi, saya kembali mengecek halaman software upgrade tersebut, dan ternyata halaman itu terakhir di update tanggal 24 Juli. Berarti seharusnya sudah ada rilis tentang ICS untuk Xoom, dan khususnya untuk region Asia Pacific.

Namun yang saya temui, upgrade ICS untuk device saya Xoom WiFi + 3G ternyata masih dalam tahap Evaluation and Planning.

“Sial, lama amat ! Padahal Jelly Bean saja sudah keluar”, pikir saya.

Tapi setelah saya amati lagi, ada yang janggal dengan update progress yang ada di halaman tersebut. Karena pengalaman dulu, update Honeycomb 3.2 sudah rilis dan tablet saya sudah pakai OS itu, namun di halaman itu masih tertulis bahwa Honeycomb versi 3.2 belum keluar.

Karena itu, langsung saya pergi ke Settings dan cek untuk software update yang baru.

Dan ternyata,

ICS untuk XOOM sudah rilis !

*anjrit gw jadi lebay gini

TABLET SAYA SEKARANG SUDAH PAKAI ICS !!!😀

Dan berita baiknya lagi, dikabarkan Motorola, Jelly Bean juga sudah rilis untuk Xoom Versi Wifi (di Amerika).

Berarti kayaknya saya hanya akan sebentar menikmati Ice Cream Sandwich di tablet. Haha

Banyak pelajaran yang bisa didapat dari sini~

Orang-orang kalau lihat tablet saya, pasti kesan pertama mereka adalah “Lo salah beli tablet cuy~”

Yeah, di Indonesia sini, mainstreamer sudah punya anggapan, yang namanya tablet Android itu kalo nggak Galaxy Tab, ya Acer Iconia, Asus Transformer, dsb.

Banyak orang yang, heran, ketika tau ada tablet yang bernama Xoom dan dikeluarkan oleh Motorola.

Yeah, memang saya akui tablet ini memang kurang populer di Indonesia, entah karena Motorola-nya kurang iklan atau gimana.

Tapi saya sudah masang mata ke tablet ini sejak rilis lebih dari satu tahun yang lalu, sekitar Februari 2011.

Dan saya yakin, ini tablet yang hebat!

Saya baca semua review soal tablet ini, dan akhirnya saya mikir kalo ini yang bener-bener cocok buat saya. Setelah mencari susah payah, dan hampir menyerah juga, saya dapet tablet ini di sebuah gerai di Bandung Electronic Centre.

Nggak tau kenapa, tapi bagi saya Motorola is the best.

Sekarang apakah Galaxy Tab, Iconia, Transformer, sudah merasakan Jelly Bean? Belum.

Bahkan kabar untuk update-nya pun masih simpang siur, bisa saja tablet-tablet itu akan stuck di Honeycomb selamanya.😀

“Di root aja, gampang/”

Dude, seriously, hari gini masih nge-root Android (nge-jailbreak iPhone)?

Ya memang bisa kalau di-root, tapi bagi saya orang-orang yang berpikiran Android harus di-root itu adalah orang-orang yang berpikiran sempit. Kesannya kalo Android nggak di-root itu nggak bisa apa-apa. Dikit-dikit nge-root, gonta-ganti custom rom, seperti saya yang heran melihat temen yang dikit-dikit install ulang Windows…😀

“Trus biar nggak usah susah2 nge-root, tapi tetep stay update gimana?”

Yang kalian butuhkan sebenarnya cuma vendor yang terpercaya, kalian juga harus tau bener gadget yang mau kalian beli itu gimana reputasinya saat ini, dan gimana reputasi ke depannya.

Dan lihat jangan dari sudut pandang orang Indonesia, karena kalian ujung-ujungnya bakalan mentok ke Galaxy Tab. 😀

Gadget itu yang bikin Amerika, jadi lihat dari sudut pandang orang sana, baca review-review soal gadget inceran kalian yang berbahasa Inggris di situs-situs terkenal macam The Verge, ArsTechnica, dan sebagainya. Lihat gimana reputasi gadget tersebut di mata Internasional, dan bukan di mata lokal.

Alhasil, kalian tidak akan salah pilih, dan akan dimudahkan dalam maintenance, dan update ke depannya.

Karena, Android itu dinamis, saya sendiri sadar bahwa nantinya mungkin Xoom saya akan mentok di versi Android tertentu, misal Jelly Bean. Dan itu adalah konsekuensi yang ada di  semua gadget Android.

Fitur fitur Xoom ICS

Oke, sekarang kita bicara soal fitur-fitur baru yang ada di ICS versi Xoom :

  1. Interface yang baru, typeface font, notification, menu, pokoknya semua look and feel berubah jadi lebih elegan🙂
  2. Bisa langsung akses kamera dari layar yang di-unlock, kalo biasanya kita cuma geser lingkaran ke gambar gembok buat unlock. Nanti akan ada dua atau tiga icon baru, dan salah satunya adalah kamera.
  3. Bisa bikin folder di homescreen.
  4. Update look and feel di gallery. Dan juga dilengkapi photo editor, edit picture bisa dilakukan langsung tanpa 3rd party apps. Ini juga salah satu kelebihan ICS.
  5. Bisa memantau data usage network, jadi kalian bisa ngeset limit buat menghemat kuota internet kalian😀
  6. Browser lebih powerful. Rendering, zooming dan panning lebih cepat. Offline reading, 16 tab, request desktop site, dsb.
  7. Tinggal geser(swipe) untuk menutup aplikasi di Recent Apps, menghilangkan notifikasi dan menutup browser tab.
  8. Ada aplikasi baru, People, yang menggantikan Contact, dan terhubung langsung ke jejaring sosial mereka.
  9. Spell checking dan text input yang disempurnakan.
  10. Kemampuan olah gambar yang kaya dan versatile, seperti mengambil panorama mode, mengambil gambar saat merekam video, dan beberapa fitur video editing.
  11. Widget yang lebih banyak, dan bisa di-resize.

Kira-kira itu🙂

Buat yang punya tablet dengan merk yang sama seperti saya, selamat sekarang ICS sudah bisa dinikmati.🙂

Buat yang punya Xoom tapi udah di-root, silahkan dikembalikan ke stock rom dan di unroot untuk bisa menikmati ICS.

Regards

Sumber : https://forums.motorola.com/pages/00add97d6c, http://www.motorola.com/staticfiles/Support/US-EN/TABLETS/XOOM-with-Wi-Fi/Documents/StaticFiles/RN_MZ604_ICS4.0.GED.WiFi.1-6-12.pdf

 

10 thoughts on “Ice Xream Sandwich

  1. Pingback: Tablet Android Populer Indonesia yang Memperoleh Upgrade ICS | TWOH's Engineering

Leave a Reply

