Kerja Praktek : The Agenda


Yups, karena kerja praktek sudah hampir dekat. Ada baiknya saya menuliskan apa-apa yang harus dilakukan ketika nanti tiba di Jakarta. Karena nanti bakalan lumayan lama juga saya di sana, sekitaran 40 hari cing ! Dan bisa bener-bener bosan kalo saya nggak ngerencanain agenda-agenda saya buat di sana.

Agenda :

  1. Belajar Bahasa Inggris

    Akhir-akhir ini saya merasa kemampuan berbahasa-inggris saya agak menurun. Di kampus saya, bahasa Inggris cuma diajarkan sampai semester 3. Dan setelah itu jarang sekali ada aktivitas-aktivitas yang melibatkan kebahasa-inggrisan, sampai-sampai saya kadang iseng sendiri ngobrol sama temen di Twitter atau Facebook menggunakan bahasa inggris, sekalian mengingat.ūüėÄ

    Penting nggak sih?

    Tentu saja penting ! Bahasa Inggris itu penting, entah nantinya akan kepakai atau nggak. Anehnya, orang yang mikir bahasa Inggris itu nggak penting, nantinya bakalan jadi bener-bener nggak terpakai Bahasa Inggrisnya. Dan orang yang mikir bahasa Inggris itu penting, nantinya bakalan terpakai kemampuan bahasa Inggrisnya itu.

    Belajar bahasa Inggris juga bisa menambah self-value pada diri kita, dan juga bikin kita makin pede dan orang lain makin nggak pede. #eh

    Sejak SD dulu saya sudah di-les-in privat Bahasa Inggris sama orangtua, sampai SMP. Habis itu SMA-nya les sendiri di les-lesan macam Primagama dan sejenisnya. Dari tiga bersaudara, cuma saya sendiri yang sampai di-les-in privat segala, mungkin gara-gara bahasa Inggris saya ancur banget waktu SD. haha

    Dan juga kampus saya mensyaratkan nilai TOEFL minimal 500 supaya bisa lulus kuliah, jadi mendingan belajar lagi buat persiapan.

    Sebenernya kalau di kampus saya, pertama kali masuk bakalan dikasih dua tes bahasa Inggris, semacam tes TOEFL bayangan dan tes penempatan kursus bahasa Inggris gratis. Waktu itu saya TOEFL dapet nilai kayaknya sekita 480-an, dan penempatan kursusnya masuk level Advanced ! 

    Waktu liat orang-orang yang sekelas dengan saya, buset pada jago-jago semua, cuma saya sendiri yang merasa kurang waktu itu haha. Waktu ditanya instrukturnya, “So, what made you enter the Advanced level?”¬†Kalo saya jawab karena kemampuan verbal, tentunya ntar bakalan ketauan hanya dengan melihat cara saya menjawab pertanyaan itu, kalau saya itu sebenernya newbie. haha Jadi saya jawab aja karena kemampuan non-verbal.

    Tapi kalo ntar beneran jadi les, kayaknya saya bakalan mulai lagi dari awal. Kalau nggak ya minimal dari tengah-tengah.

    Selain bahasa Inggris, ada dua bahasa lagi yang pingin saya kuasai, yaitu bahasa Jerman dan Jepang. Minimal bisa percakapan sehari-harinya. Tapi karena Inggris-lah yang lebih dulu menemukan benua Amerika, dan sejak saat itu jadi bahasa Internasional, maka Bahasa Inggrislah yang pertama kali harus dikuasai.

  2.  

  3. Mengunjungi Teman Lama
    Punya teman di Jakarta? Tentu saja punya dong! Nah ketika kalian di Jakarta, sempat-sempatkanlah mengunjungi teman-teman kalian yang sekarang ada di ibukota, entah teman SD, SMP, SMA. Atau teman mantan pacar (kalau yang terakhir kayaknya disesuaikan aja sama kondisi psikologis kalian berdua hahaha).Saya punya teman lama yang sekarang tinggal di Depok, bekas¬†guru les SMP, namanya mas Furqon, sekarang beliau kerja di sebuah perusahaan pertambangan milik Amrik. Sebenarnya kalau saya nggak kerja praktek di perusahaan yang sekarang, saya ditawari mas Furqon buat kerja praktek di kantornya.¬†It’s been a long time.¬†Mas Furqon juga yang berjasa banyak mengajari saya waktu SMP. Arigato na~
     
    Terus yang lain, mungkin mengunjungi member-member TWOHPRO yang ada di Jakarta, tepatnya di Bekasi.Dan dolan ke teman-teman lainnya yang nggak bisa disebutin.
  4.  

  5. Mencari tahu lagi soal masa depan
    Kata sebeh, “Perusahaan tempat kamu Kerja Praktek, kalau bisa bener-bener perusahaan yang nantinya kamu minati buat tempat bekerja.”

    Jadi sebaiknya kita jangan asal-asalan kalau milih tempat buat kerja praktek. Idealnya.

    Tapi yah yang namanya nasib, tidak ada yang tahu kemana kita bakal dibawa, cuma adalah keharusan untuk berusaha sebisa mungkin supaya mbuh piye carane nasib membawa kita ke jalan hidup yang lebih baik.

    Jakarta itu markas besarnya berbagai jenis perusahaan, baik yang multinasional maupun nasional, jadi entah apapun bidang Anda, kalian akan mendapatkan lebih banyak perusahaan yang sesuai dengan bidang Anda di Jakarta daripada di tempat manapun di Indonesia. Termasuk bidang-bidang seperti mengamen, mengemis, meminta-minta hehehe *just kidding.

    Karena kebetulan perusahaan yang jadi tempat kerja praktek saya bergerak di bidang penerbangan, maka saya bakalan cari referensi lain soal bidang tersebut. Dan mungkin nanti magang kedua saya bisa magang lagi di perusahaan berbeda namun bergerak di bidang yang sama dan dapat pengalaman dari situ.

Itulah beberapa agenda utama saya, niat sudah ada, tinggal dua komponen lagi yang penting yang belum tentu ada, yaitu waktu dan uang. hehe

Semoga semuanya dilancarkan.

Otanoshimi~ni ^ ^

2 thoughts on “Kerja Praktek : The Agenda

Leave a Reply

