Java : Populer Java IDE untuk Sistem Linux


IDE adalah kepanjangan dari Integrated Development Environment, atau Lingkungan Pengembangan yang Terintegrasi. Pengembangan apa? Pengembangan perangkat lunak(software) tentunya, dimana jika Anda mempunyai sebuah proyek software yang terdiri dari berbagai macam source code, IDE lah yang akan membantu Anda memanajemen sekaligus mengerjakan proyek tersebut.

Di sistem Linux, banyak sekali IDE yang tersedia untuk berbagai macam bahasa pemrograman. Yang saya bahas di sini adalah IDE yang populer untuk membuat proyek berbasis bahasa Java. Saya urutkan dari yang paling standar, hingga paling baik.

Oke, yang pertama adalah

  1. Geany

  2. Geany adalah IDE yang sangat ringan dan simpel. Bisa digunakan untuk mengcompile source code dari bahasa Java, C, C++, Pascal dan lain lain. Jika Anda hanya membutuhkan IDE ringan untuk mengkompile source code Java. IDE ini patut untuk dipilih, keunggulannya adalah auto-completion, mendukung multiple dokumen, mendukung sistem project, syntax highlighting, dan emulator terminal. IDE ini bersifat cross-platform, sehingga bisa dijalankan di sistem Windows juga. Dibuat menggunakan bahasa C.

  3. Netbeans IDE

  4. IDE yang satu ini sudah akrab di telinga para pendevelop Java, karena memang Netbeans adalah IDE yang bisa dikatakan resmi diciptakan oleh pengembang Java, yaitu Sun Microsystems. Dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java juga, sehingga Netbeans bersifat cross-platform. IDE ini sangat bagus, mempunyai GUI Builder built-in dan banyak digunakan secara komersial. Untuk yang serius dengan Java, IDE ini bisa menjadi pilihan.

  5. Eclipse IDE

  6. Ini adalah IDE yang sangat bagus dan juga Open Source. Banyak digunakan secara komersial maupun personal. Eclipse juga dibuat menggunakan bahasa Java sehingga bersifat cross-platform. Eclipse mendukung banyak plugin tambahan yang berguna untuk mengembangkan ranah kebutuhan software development Anda. Salah satu perusahaan besar yang memanfaatkan Eclipse adalah Research in Motion yang menyediakan plugin untuk mengembangkan perangkat lunak pada Blackberry. Sayangnya hanya Eclipse untuk sistem Windows dan OS/X yang mendukung fitur ini.😦
    Yang paling saya suka, Eclipse mengcompile code tepat saat Anda mengetik kode tersebut, sama seperti yang MS Word lakukan untuk ejaan kata yang salah. Error handling-nya pun boleh dikatakan sempurna, Eclipse tidak hanya memberi tahu kita bahwa ada error tetapi juga langsung menampilkan berbagai macam solusi untuk mengatasi problem tersebut.

  7. GEdit, Emacs, atau Vi

  8. Bagi Anda yang baru belajar Java, gunakan plain text editor seperti di atas. Hal ini akan membantu Anda mengetahui seluruh proses compile Java, sekaligus sebagai sarana berlatih, dimana kesalahan ataupun code completion tidak ditampilkan secara otomatis. Intinya sebagai alat berlatih Java yang bagus, Anda tidak akan dimanjakan oleh fitur-fitur ekstra seperti yang ada pada IDE tingkat tinggi lainnya. B)

Semoga membantu😀.

3 thoughts on “Java : Populer Java IDE untuk Sistem Linux

  1. Pingback: Tutorial Compile Program Java Menggunakan Emacs « The TWOH's Computer Engineering and Science

  2. Pingback: Java : Memainkan File Mp3 di Program Java | The TWOH's Engineering

  3. Pingback: Coding Aplikasi Android di Android dengan AIDE | TWOH's Engineering

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s