Indonesia, It Can’t Be Helped


Sebenarnya, tidak ada seorangpun yang bisa memilih untuk dilahirkan di negara tertentu. Ataupun untuk memilih sebuah agama tertentu, mempunyai orangtua tertentu, lahir dari keluarga tertentu bahkan mungkin menikah dengan orang tertentu.

Semuanya takdir, semuanya diputuskan oleh Yang Maha Kuasa. Mungkin, saya dan kalian yang beragama Islam bisa bersyukur karena telah di lahirkan ke dalam sebuah keluarga yang Insya Allah sakinah dan telah memeluk agara rahmatan min alamin. Sebagian dari kita ada yang telah dididik dengan baik oleh Islam, ada juga yang hanya menganggap agama itu hal yang santai. Namun ada sebagian pula yang terus mencari kebenaran soal Islam, dan agama-agama lainnya. Ini manusiawi, dan ini juga mungkin jawaban dari pertanyaan, “Kenapa sya dilahirkan memeluk agama ini, dan bukan di agama itu?”

Mereka yang tidak beruntung, atau Allah tidak memberikan hidayah padanya akan murtad. Dan mereka yang mendapat hidayah dari Allah akan tetap kuat imannya, dan bahkan sangat mungkin untuk bertambah kuat keimanannya setelah megetahui lebih dalam tentang Islam.

Kemudian soal negara, Yeah, ini Indonesia. Kenapa bukan Amerika, kenapa bukan Jepang, atau Inggris, atau Jerman, atau China, dan lain sebagainya. Yeah ini Indonesia sekali lagi kawan-kawan semua. Coba lihat sekitar, coba lihat keadaan. Mungkin hal yang paling baik dan paling benar yang bisa kita lakukan adalah, belajar untuk menuntaskan pendidikan, kemudian mencari pekerjaan swasta (negeri tidak disarankan). Syukur-syukur di pekerjaan swasta itu kalian bekerja di perusahaan asing yang nantinya bisa mempromosikan kalian untuk bekerja, pindah dan tinggal di luar negeri. Setelah itu menikah dengan gadis yang selama ini kalian pacari, mempunyai tiga anak. Karena Allah lebih suka sesuatu yang berjumlah ganjil, dan di saat usia senja kalian bisa bercerita kalau di saat remaja kalian pernah hidup di sebuah negara yang telah membuat kalian kecewa.

Dan bercerita soal lelucon ini :
“Apa yang harus kau lakukan jika seorang Indonesia melemparkan sebuah sumbu padamu?”
“Lari, dia pasti membawa granat di dalam mulutnya.”
“Apa yang harus kau lakukan jika seorang Indonesia melemparkan sebuah granat padamu?”
“Tangkap granat itu, cabut sumbunya, dan kemudian lemparkan balik.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s