Tutorial Install WordPress Blog Offline di Windows XP


Baru-baru ini saya mendapat tugas praktikum internet untuk menginstall blog secara offline. Pertama kali mendengarnya, saya berpikir,”Owh blog offline berarti bisa menggunakan Java EE ya?” Karena waktu itu saya baru saja menginstall Java EE, namun ternyata tidak bisa digunakan untuk menginstall dan harus menggunakan cara lain.. haha

Tools yang saya gunakan :

  1. Windows XP ServicePack 1++ sebagai OperatingSystem
  2. ApacheFriends XAMPP Ver. 1.6.7 sebagai XamppServer
  3. WordPress Engine Ver.2.8.6 sebagai BlogPlatform
  4. Google Chrome Ver. 4.0.201.1 sebagai WebBrowser
  5. Notepad sebagai TextEditor

Langsung saja, pertama tama mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas berkah dan rahmatnya…(emangnya pidato.. hehe) Oke, download Xampp dari sourceforge.net. Kemudian setelah proses download selesai, klik ganda pada file tersebut. Lalu pilih folder tempat file-file yang akan diekstrak misal D:\xampp. Setelah selesai buka folder D:\xampp, dan anda akan mendapati banyak sekali file di dalam folder tersebut.
Oke, saat menjalankan Xampp untuk pertama kalinya lakukan hal-hal sebagai berikut.

  1. Klik ganda pada file setup_xampp.bat, lalu tinggu sampai muncul tulisan “press any key to continue…”
  2. Klik ganda pada xampp-control.exe. Kemudian akan muncul jendela Xampp di pojok kanan bawah layar Anda.
  3. Kemudian klik start pada Apache dan MySql menu.
  4. Stelah itu coba buka browser Chrome dan ketikkan http://localhost, atau http://127.0.0.1/ maka akan tampil main menu dengan logo Xampp di tengahnya.

Selamat, anda berhasil masuk ke dalam server lokal anda sendiri. Selanjutnya, yang harus anda lakukan adalah mengaturnya. Ini langkah-langkahnya, bud!

  1. Pilih bahasa yang anda pahami – Pilih bahasa English saja, Traditional Chinese sangat tidak disarankan untuk kasus ini.
  2. Klik pada pilihan menu phpMyAdmin di bagian kiri halaman.
  3. Di bawah “Create new database”, ketikkan wordpress. Ini akan menjadi nama basis data MySql anda.
  4. Pilih utf8_unicode_ci untuk collation. Letaknya ada di paling bawah pada daftar menu drop-down.
  5. Klik tombol “Create”. Database anda akan dibuat, dan halaman akan menampilkan database anda, tentu saja masih kosong, bud!

Sekarang download wordpress engine di sini. Lalu ekstrak arsipnya ke dalam folder D:\xampp\htdocs. Kemudian buka D:\xampp\htdocs\wordpress\wp-config-sample.php file dengan Notepad dan ubah hal-hal ini:

  • DB_NAME isilah dengan satu kata singkat ‘wordpress’
  • DB_USER isi dengan ‘root’
  • DB_PASSWORD kosongkan saja. Hapus semuanya sehingga yang tampak adalah seperti ini ‘ ‘
  • Tutup notepad dan simpan dengan nama wp-config.php
  • Buka Chrome masuklah ke alamat http://localhost/wordpress/wp-admin/install.php

Anda akan melihat halaman berjudul WordPress Install, tulislah judul blog anda dan tulis juga alamat email anda, kemudian klik “Install WordPress”. Halaman selanjutnya akan menampilkan login form, isilah login dan password dengan benar dan klik “log in”.

Akhirnya anda sampai pada DashBoard!

Setelah itu coba klik “Visit site” di samping judul blog anda. Wow, akan nampak sebuah blog yang sangat bagus, kan? Namun itu bukanlah blog yang paling bagus, apa yang kamu lihat adalah tampilan standar wordpress. Saat menginstall wordpress, otmatis akan disertakan dua tema, yaitu WordPress dan WordPress Classic. Pretty cool, isnt it?

Oke apa sih keuntungan dari Engine WordPress ini?
Keuntungan meggunakan wordpress.org, dibanding dengan wordpress.com adalah di wordpress.org kita bisa bebas-sebebas-bebasnya untuk menambahkan berbagai macam plugin maupun tema dan Javascripts pada blog kita. Selain itu kita bisa juga mengedit CSS dan HTML dari tema tertentu dan membuat tema orisinil kita sendiri. Yah, memang layanan ini berbayar, tetapi tidak apa-apa apabila sudah mempunyai akun hosting yang digratiskan(alias mendapat gratis walaupun aslinya berbayar..hehe). Bagi yang belum punya hosting, ya sudah nikmati saja blog offline pakai server XAMPP atau WAMPP, dijamin visitornya adalah keluarga, anda sendiri, atau orang yang kebetulan sedang pakai komputer Anda.. saaken rek.. hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s